SMP Terbuka Firdaus

Petikan kisah Sekolah Menengah Pertama Terbuka Firdaus.

“SMP Terbuka ini awalnya gagal diwujudkan karena jumlah murid yang mendaftar kurang dari 10” , kata Ibu Ida Sitompul, penggagas sekolah terbuka di daerah Arcamanik, Bandung. Tahun berikutnya, Ibu Ida dan rekan-rekan kembali mengajukan pembentukan SMP Terbuka dan berhasil mengumpulkan 11 murid. Hm, mirip ceritanya Laskar pelangi? Betul, karena persyaratan jumlah murid itu adalah ketentuan yang berlaku umum untuk pendirian sebuah sekolah. Sekolah ini sudah berjalan selama 2 tahun. Dan saat ini sudah ada 2 kelas yang terdiri dari kelas 7 dan 8. Ada sekitar 18 murid untuk kelas 1 dan 19 murid untuk kelas 8. Darimana mereka berasal? Mereka adalah anak-anak yang direkrut Ibu Ida dari kalangan marginal.

Sulitkah membuat mereka mau bersekolah? Tentu ibu Ida punya banyak cerita mengenai hal ini, karena Beliau lah orang yang mau bersusah-payah menjemput anak-anak itu untuk kembali ke sekolah ketika perlahan-lahan satu persatu dari mereka tidak lagi datang dan belajar.

Saya sendiri baru bergabung di sekolah ini tahun ajaran yang lalu. Saat itu bu Ida menawari saya untuk membantu beliau mengajar di sini. Sebuah kemajuan yang patut dibanggakan, karena kami sekarang sudah mempunyai lab komputer dengan bantuan dari para donator. ISNET, salah satunya, komunitas muslim dari mereka yang belajar dan tinggal di LN. (Oh ya, bu Ida sendiri adalah anggota ISNET. Beliau sendiri pernah 10 tahun tinggal dan belajar di Purdue, Indiana, Amerika Serikat. Tolong dikoreksi kalau saya salah).

Untuk pelajaran TIK sekarang kami sudah bisa praktik langsung dengan komputer. Wah, anak-anak senang lho, sampai terkadang harus diingatkan untuk kembali ke sekolah karena masih ada jam pelajaran lain yang harus mereka ikuti.

Saat ini saya bersama rekan-rekan mahasiswa dari ITB saling membantu untuk memberi kan materi pembelajaran TIK. Berikut ini adalah foto-foto kegiatan pembelajaran lab komputer di SMP Terbuka.

image028_1.jpg image029_1.jpg image030.jpg

Ada juga foto-foto Bapak Ibu guru dan murid-murid dari kelas 7. Hm, keren, tidak? šŸ™‚

image031.jpg image032.jpg image033.jpg

8 thoughts on “SMP Terbuka Firdaus

  1. agusampurno

    Isnet
    saya termasuk penggemar berat artikel dan berita-berita nya tuh..
    walaupun dikembangkan saat jaman internet 1.0 tapi isinya bermanfaat sekali.

    Nabi Muhammad SAW yang bilang seseorang dinilai dari siapa teman-temannya, Bu Enggar ini sudah membuktikan hal itu.
    Tidak heran kalau bu Enggar hebat, karena komunitasnya pun tidak kalah hebat.

    well done

    Reply
  2. Enggar Post author

    Agus:
    Saya tau Isnet ini karena dikenalkan suami, yang kebetulan dia sendiri juga anggotanya. Saya hanya kenal beberapa dari mereka. Sama seperti Bapak saya juga suka membaca artikel-artikel Isnet.

    Reply
  3. Rini Darwin

    WAH HEBAT YA PERJUANGAN MENCERDASKAN ANAK BANGSA.
    SY MHN INFO KEMANA BISA MENDAFTARKAN, DI RMH ADA ANAK PUTUS SEKOLAH BERASAL DARI PEDALAMAN DI DAERAH BANTEN, SDH PERNAH MENGIKUTI AWAL smp DI DESANYA. SY INGIN DIA MELANJUTKAN SEKOLAHNYA, APAKAH BISA MENGIKUTI SMP TERBUKA FIRDAUS INI? SY TINGGAL DI DAERAH BUAH BATU.TKS.

    Reply
  4. DENI M

    MOHON DI LURUSKAN NAMA SMP TERBUKA FIRDAUS, YANG SEBENARNYA SMP TERBUKA 8 BANDUNG TIDAK ADA SMP TERBUKA FIRDAUS YANG ADA SMP TERBUKA 8 TKB FIRDAUS YANG KERADAN TKB TERSEBUT DI DAERAH ARCAMANIK ENDAH

    Reply
  5. vera

    Maaf pa untuk ujiannya sendiri apa sama dengan ujian nasional atau paket, kalo tidak salah paket B ya
    mohon informasinya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *