Training Guru #2

Setelah sempat terhenti beberapa lama, rencananya besok pelatihan untuk guru-guru akan dimulai kembali. Senang melihat antusiasme guru-guru. Ikut bahagia juga melihat beberapa guru sudah mulai banyak yang menenteng notebook. Lab komputer sudah menjadi tempat persembunyian nyaman buat para guru yang asyik mengetik dan bertanya ini itu. Pun ruang staf, lab IPA, dan di mana saja :). Seperti siang ini, ketika melihat saya ada di ruang staf, seorang Ibu langsung saja mengeluarkan notebook dari tas nya, dan bertanya bagaimana cara terhubung ke internet. Yup, saya harus mengalah sebentar :).

Akses internet di sekolah saya unlimited. Sayangnya, akses yang tak terbatas ini jarang dimanfaatkan oleh para guru. Bukan karena mereka tidak tertarik, tapi kebanyakan karena belum mengetahui caranya. Namun sekarang ini, mereka sudah mulai belajar menggunakan internet. Mulai mencari informasi, gambar, dan belajar mengunduh materi-materi pembelajaran. Beberapa mulai mempunyai email. Dan saya liat beberapa orang sudah mulai asyik dengan internet. Ada yang selalu menengok situs almamater sekolahnya dan turut berpartisipasi di sana.Β  Untuk ulangan harian, midtest, dan remedial guru senior TIK di sekolah ini sudah menggunakan blog sebagai media pengganti kertas soal.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, bukan?

Nah, sekarang saya harus mempersiapkan materi buat pelatihan besok. Guru-guru request diajarkan program pengolah angka dan internet nih. Hmm, mungkin nanti saya coba tularkan virus nge-blog juga untuk mereka ;-).

8 thoughts on “Training Guru #2

  1. paksiman

    Selamat berjuang Mbak…
    Menghemat kertas berarti mengajak guru-guru, peduli pada lingkungan ya… dua pulau terlampaui.
    Aku lagi belajar membuat kuis secara online, ada saran dari Mbak…

    Reply
  2. Enggar Post author

    Paksiman: Ajarin aku donk Pak cara bikin kuis online-nya.
    Lala: Hehehe, untungnya belum sampai taraf itu sih La.
    Shasya:Hmm? Hmm, ya ntar lah dipikirkan πŸ˜‰ *egois*
    Bang Aswi: Lomba? insya Allah. Sekarang menggerakkan mereka dulu nih, ini juga mood-mood-an. Sedikit sulit euy πŸ™‚

    Reply
  3. paksiman

    Aduh Mbak, aku masih belajar, belum bisa ngajarin… πŸ˜›
    Aku lagi mempelajari sebuah situs yang memiliki fasilitas pembuatan kuis secara online. Tampaknya bisa digunakan untuk keperluan tes pada para siswa. Ini link-nya Mbak http://www.proprofs.com/quiz-school/

    Aku rasa Mbak lebih tahu dari aku, makanya aku minta saran dari Mbak…, Oke, ojo lali yo Mbak…

    Reply
  4. Enggar Post author

    Paksiman: Oalah Pak, aku serius loh beneran belum bisa. Bagaimana kalo Bapak yang explore dan nanti tulis di blog, aku dah link blog Bapak di agregator blog guru, ada di sidebar. Oke, Pak? Ojo lali opo toh Pak? Silabus? huaaaa, maaf..maaf. Beribu maaf ya, beneran overload ini. Mau kan memaafkan saya Pak? πŸ˜‰

    Reply
  5. doyok

    Pak Siman :Kalau guru sudah tua, kurus, miskin, dekil, tinggal di pelosok negeri bagaimana mungkin bisa ngeblok, paling hanya jadi “goblok”

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *