22 Hari Bercerita Vol #1


Buku ini sampai ke rumah saya kemarin sore. Senang? Tentu. Sebelumnya terima kasih banyak untuk Indonesia Bercerita. Mengutip pengantar dari buku 22 Hari bercerita, “Indonesia Bercerita merupakan komunitas ‘pendidik’ yang membuat dan menggunakan cerita.” Untuk lebih detil mengenai Indonesia Bercerita dapat melihat situsnya di sini.

22 Hari Bercerita adalah salah satu agenda dari Indonesia Bercerita. Seperti dituliskan di situsnya, “Cerita yang baik mendidik anak melalui serangkaian pengalaman yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam cerita. Perilaku dan interaksi tokoh dalam cerita akan menjadi cermin bagi anak.”

Dan agenda itu kemudian mewujud dalam sebuah bentuk e-book dan buku cetak. Di versi e-book ada terselip iklan. Dan jika Anda ingin membeli versi cetaknya (tanpa iklan) dapat merujuk ke sini.

Apakah setiap kita bisa menjadi pendidik? Atau hanya seorang guru atau dosen kah yang berhak disebut pendidik? Mendidik adalah panggilan hati. Dan siapapun bisa menjadi pendidik. Saya, Anda, dan kita semua berhak untuk ikut terlibat dalam mendidik anak bangsa. Melalui apa? Apa saja yang bisa kita lakukan, dan ini adalah salah satu cara yang dilakukan oleh Indonesia Bercerita, meng-edukasi masyarakat melalui cerita dan dongeng.

Buku 22 hari Bercerita ini berisi kumpulan cerita anak dari banyak penulis. Tulisan-tulisan mereka disusun dengan menggunakan konsep pohon karakter. Apa pohon karakter itu?

“Pohon karakter adalah figur pohon sebagai personifikasi dari manusia yang mempunyai karakter. Dalam pohon karakter terdapat karakter-karakter yang secara keseluruhan akan membangun diri anak. Karakter-karakter itu diletakkan pada posisi yang mencerminkan setiap bagian pohon. Ada karakter akar, karakter batang, karakter daun dan karakter buah.”

Melalui cerita secara tidak langsung anak diajarkan untuk berpikir secara terbuka, membuka wawasan seluas-luasnya. Sebuah cerita yang baik selain memberikan nilai hiburan juga menyimpan pesan-pesan moral yang dapat dimaknai oleh si anak sendiri.

Di buku ini terdapat 23 cerita anak yang bervariasi, ada tokoh hewan, manusia, benda-benda langit juga impian, dan masih banyak lainnya. Buku yang sangat bagus untuk dibaca oleh (atau dibacakan untuk) putra-putri Anda. Dan biarkan mereka merangkai cerita-cerita itu kembali dalam alam imajinasi yang luas dan memesonakan.

Dan jangan lupa ya, beli bukunya atau unduh e-booknya. Tapi kalo beli bukunya bisa lebih membantu sih :), karena semua royalti untuk pengembangan pendidikan anak. Oya satu lagi, mengutip dari e-booknya “Indonesia bercerita ini adalah bisnis sosial berbasis komunitas yang menawarkan karya cerita anak dan metode bercerita sebagai inovasi dalam pengasuhan dan pendidikan anak.”

Karenanya, yuk kita bergandeng tangan untuk mendidik anak-anak Indonesia ke arah yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *