Tanaman Buah Dalam Pot

Sejak berhasil menanam dan memanen buah jambu air kancing di pot, sejak itu saya ingin belajar lebih banyak lagi cara bertanam di pot. Sebelumnya bahkan sampai saat ini pohon mangga dan jambu air (entah varietas apa) tetap belum membuahkan hasil. Padahal kedua pohon itu saya tanam di drum. Sudah sering juga mengalami pemangkasan daun-daunnya. Tapi belum juga menampakkan bunga, apalagi berbuah. Apa karena potnya yang terlalu besar?
photo(15) photo(10)

Tanaman lainnya yaitu apel india (putsa), jambu air kancing, jambu getas, jambu bangkok, dan belimbing yang saya letakkan di pot yang rata-rata diameternya antara 40-45 lumayan memunculkan bunga dan buah. Perawatannya sih masih standar banget, maklumlah pemula :). Paling menambahkan tanah, pupuk. Pupuk yang digunakan biasanya NPK (yang harganya berkisar 5-10 ribu kalau beli sama bakul tanaman), pupuk kambing (beli sama bakul tanaman juga dan sekalian minta mereka yang menaburkan). Lainnya adalah pupuk air bekas cucian beras, air bekas cucian daging atau ikan. Kalau tanah bisa beli di toko tanaman.

Untuk putsa bunganya muncul terus, termasuk genjah. Sudah beberapa kali merasakan buah putsa. Manis kriuk..kriuk. Kalau masih mentah rasanya seperti kedondong. Banyak yang mengatakan bahwa putsa lebih enak dikonsumsi ketika kematangan 85%. Belimbing berbunga dan ada beberapa buah yang mulai besar, namun berjatuhan diterpa hujan dan angin kencang. Masih ada sisa satu. Semoga bisa bertahan sampai layak dipanen. Ingin merasakan buah belimbing perdana dari kebun sendiri :).

IMG_1393 photo(128) photo(125)

Jambu air kancing dari pohon yang baru sudah mulai keluar pentilnya. Semoga pohonnya sehat dan berbuah lebat. Sedih, soalnya pohon jambu air kancing yang dahulu nyaris mati kena jamur. Sudah coba perawatan minimalis. Sekarang semoga mulai pemulihan dan bisa sehat kembali.

Pohon jambu getas dan jambu biji bangkok serta lengkeng sementara ada di atas loteng. Kedua jambu sudah sering berbunga dan berbentuk buah kecil, tapi kemudian rontok :(. Entah sudah beberapa kali. Teman-teman di grup penggemar tanaman buah menyarankan menggunakan MKP. Saya sudah mencoba mencarinya sih di toko tanaman, tapi kok susah ya? Kalau kelengkeng sepertinya masih lama, belum layak berbunga :), tapi ya siapa tahu saja ya? hehe.

Ada juga buah naga, yang beberapa bulan lalu baru saya pindah ke tempat yang terkena sinar matahari setelah sebelumnya dari tahun 2010 menyempil di tempat yang teduh. Sulur dan batangnya sudah tinggi dan bercabang, karenanya perlu diberi tiang penyangga. Minggu lalu saya ambil anakan dari induknya, dan mencoba menanamnya kembali serta saya letakkan di teras atas. Kemudian ada murbei. Murbei saya peroleh dari seorang teman berupa stek batang berisi 7 buah. Dari ketujuh batang yang muncul tunas ada 5. Sisanya dua buah belum menampakkan tunas baru. Satu batang daunnya sudah lebat. Dua lainnya sudah mulai banyak daunnya dan dua lagi di Bandung.

Selain itu ada jambu bol dan jeruk. Keduanya milik Ibu yang mendapat oleh-oleh ketika berkunjung ke mekar sari.

Selain tanaman buah ada juga tanaman sayur. Ada selada, kangkung, dan bayam hijau. Rencananya mau coba hidroponik dan saya isi dengan tanaman sayur. Minggu lalu mencoba semai anggur, delima merah, dan melon. Baru melon yang keluar tunas. Lainnya masih bobo 🙂

Bibit sayur lainnya yang belum disemai ada caisim manis (sawi) dan bayam merah.

Duh, rasanya sih selalu ingin menambah tanaman tapi lahan terbatas. Ini saja semua tanaman diletakkan dalam pot, karena tidak ada lahan tanah sedikitpun. Semuanya sudah dilapis semen :(.

Ingin bikin dak di atas untuk menambah koleksi tanaman lainnya, tapi menunggu izin dari Ayah nih, karena ini rumah Beliau. Doakan saja semoga bisa terkabul keinginannya membuat dak :). Amin yra.

4 thoughts on “Tanaman Buah Dalam Pot

  1. Evyta

    Wah! Tanamannya banyak banget ya, Mbak….subhaanallaah…
    Saya sendiri yang halaman belakang rumah ayah agak luas, tanamannya masih dikitttt bangetttt, cuma ada 3-4 jenis aja hehe….ni besok rencana mau belajar cangkok tin perdana dan pertama kali hihi, moga berhasil…
    Jadi termotivasi nih mo coba hidroponik, sering liat teman-teman grup nanem, tapi masih takut salah euy. Semoga dek atasnya cepat jadi yaaa…..amin 🙂

    Reply
  2. Enggar Post author

    Alhamdulillah mbak. Suka aja sih lihat tanaman. Seger dan nyaman aja rasanya.
    Mau donk tin-nya.. hehe :).
    Gabung kan ke grup hidroponik?

    Reply
  3. Mariska

    Wah.. banyak ya koleksi tabulampot nya…
    saya juga punya kendala yg sama.. yaitu tdk ada lahan..
    alhasil sekitar 3 tahun lalu dibuat rak2 bertingkat dari bambu untuk taruh pot2..
    dlu pernah tanam sayur2an… ada seledri, terung ungu, cabai merah keriting.. (cukup sukses dan berbuah banyak) 🙂 sayang foto2 nya sdh sy hapus 🙁
    ada juga baby buncis, mentimun, pokcoy (yg ini lumayan lah), lalu ada strawberry, melon, semangka (yg ini gagal total!) :'( setelah selesai panen sy tdk menanam kembali, krna sibuk kerja…
    sekitar 1 bulan lalu hobby tanam menanam muncul lagi.. kali ini tabulampot.. delima mini (beli di pameran) dan delima biasa (dikasih teman kantor) moga bisa berbuah.. amin…

    Reply
  4. Enggar Post author

    @mariska: Wah, koleksi tanamannya banyak juga. Ingin lihat foto tanaman delima mini donk. Beli dimana bibitnya? Pengin punya :). Kalau delima biasa yang warnanya putih saya punya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *