Republik Pertama di Dunia

Apa yang terlintas mendengar nama Perancis disebutkan? Buat saya adalah:

1. Asterix
Komik kesukaan saya sejak kecil dengan dua tokoh utamanya, Asterix dan Obelix. Keduanya tinggal di sebuah desa yang bernama Galia, tepatnya di sebuah tepi pantai Armorik*. Di desa itu ada seorang dukun terkenal yang bernama Panoramix. Berkat ramuan ajaib buatan Panoramix penduduk desa tersebut memperoleh kekuatan super yang dapat digunakan untuk melawan tentara Romawi yang ingin merebut tanah mereka. Dengan kekuatan itu maka tentara Romawi yang dipimpin oleh Julius Caesar tidak pernah berhasil menaklukkan desa Galia.

Cerita di atas adalah versi komik. Versi aslinya tentara Romawi berhasil menaklukkan Perancis.
* dahulu adalah daerah Gallia kuno, sekarang dikenal sebagai Brittany atau Bretagne dalam bahasa Perancis (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Asterix)

2. Marie Curie (Maria Sklodowska)
Saya mengenal tokoh ini dari buku seri penemu dan tokoh ketika saya masih Sekolah Dasar. Bukunya tidak terlalu tebal. Marie Curie adalah wanita penemu radium. Mengingat Curie adalah mengingat dedikasi dan kerja kerasnya yang luar biasa untuk ilmu pengetahuan dan negara yang dicintainya. Curie sendiri adalah warga Polandia. Ia melanjutkan kuliah di Universitas Sorbonne. Paris adalah tempat yang memberikan kebebasan bagi Curie untuk belajar dan melakukan riset-riset ilmiahnya. Ia kemudian menikah dengan Pierre Curie. Saya pernah menulis resensi buku biografi Marie Curie yang diterbitkan oleh Navita di sini.

2. Revolusi Perancis
Entah kenapa yang memenuhi ingatan saya pada Revolusi Perancis adalah gambaran keributan, roti, dan tiang pisau guillotine. Saya malah lupa bahwa Revolusi Perancis menjadi awal pembentukan negara Republik, tidak hanya untuk Perancis tapi juga mengilhami negara-negara lainnya di dunia.

Jadi, saya memutuskan membaca kembali peristiwa yang begitu bersejarah ini.

Perancis adalah negara yang sebelumnya menggunakan sistem Monarki abslout, yaitu sistem pemerintahan di mana raja berkuasa penuh terhadap rakyat. Namun di abad ke-18 sebuah pergolakan terjadi, yaitu Revolusi Perancis. Saat itu rakyat sangat miskin dan kelaparan oleh karena banyaknya hutang serta pajak yang sangat tinggi yang dibebankan pada rakyat. Namun pihak kerajaan yang dipimpin oleh raja Louis XVI dan ratu Marie Antoinette masih dapat hidup bermewah-mewahan. Rakyat marah karena mereka bahkan tidak dapat membeli roti yang merupakan makanan pokok rakyat Perancis. Untuk bertahan hidup mereka mencuri, menjarah toko bahkan membunuh sesama. Akibatnya terjadilah kekacauan yang kemudian menjadikan Perancis sebagai negara republik.

update: Raja Louis XVI dan ratu Marie Antoinette pada akhirnya dihukum pancung dengan alasan berkhianat kepada negerinya sendiri. Alkisah ketika di luar rakyat memberontak, raja Louis XVI sudah tidak dapat memimpin rakyatnya sendiri. Kemudian sang ratu, Marie Antoinette mengumpulkan kaum bangsawan dan meminta bantuan negara lain untuk mengatur penyerangan terhadap Perancis untuk mengembalikan kekuasaannya kembali. Namun di tengah pelarian sang raja dan ratu tertangkap. Rakyat yang awalnya sudah memaafkan raja menjadi marah mendengar pengkhianatan mereka dan memutuskan hukum pancung terhadap keduanya.

3. Joan of Arc
Joan adalah pahlawan negara Perancis dan orang suci dalam agama katholik. Joan dijuluki sebagai “Sang perawan”. Ia mengaku mendapat pencerahan dari Tuhan dan berusaha meyakinkan Charles VII untuk mengijinkan dirinya memimpin pertempuran dan merebut kembali bekas kekuasaan wilayah mereka yang dikuasai oleh bangsa Inggris dan Burgundi selama perang seratus tahun. Joan kemudian membuktikan bahwa ia tidak hanya berhasil melakukan pengepungan terhadap Orleans, sebagai tugas pertamanya namun berikutnya juga mengantarkan Perancis pada kemenangan-kemenangan. Namun ia tertangkap dan kemudian dengan alasan politis ia dituduh melakukan ajaran sesat dan akhirnya dihukum mati dengan cara dibakar. Abunya dibuang ke sungai Seine.

Kisah Joan of Arc ini dapat dibaca di sini atau Anda bisa juga mencari filmnya.

Tentu masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kita pelajari dari sebuah negara beserta sejarahnya. Dan, jangan lupa, Perancis adalah negara Republik pertama di dunia loh :]
Bendera
Lambang Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *