Para Komponis di Era Barok

Inilah cikal bakal orkestra-era Barok. Periode musik klasik Barok berlangsung dari tahun 1500 sampai 1750. Pada masa ini arsitektur dan karya seni bersifat kompleks, penuh dengan ukiran bunga, berwarna emas, dan gambaran berlebihan tentang cinta dan tragedi yang dicerminkan dalam musik. Kota Venesia, Italia merupakan pusat penting bagi musik Barok. (sumber: Cerita Tentang Orkestra-Robert Levine, BIP)

Dahulu musik Barok hanya dapat dinikmati oleh para bangsawan dan kalangan gereja. Hanya sedikit orang biasa yang mendapatkan kesempatan untuk menikmati musik ini.

Dari pilihan musik klasik saya paling menyukai karya-karya pada era Barok. Kebanyakan musiknya bersifat dinamis, cepat serta riang. Namun ada juga yang lambat, sedih, dan menyentuh.

Beberapa komponis besar yang melahirkan karya indah mereka di era Barok diantaranya adalah: Handel, Charpentier, Boccherini, Purcell, Johann Pachelbell, Vivaldi, Bach.

Mau tahu seperti apa musik-musik mereka? Ini beberapa musik Barok kesukaan saya:

Johan Pachelbell-Canon in D

Handel – Arrival of the Quee of Sheba

Vivaldi – Four Season

Bach – Brandenburg

2 thoughts on “Para Komponis di Era Barok

  1. Achmad Bastian

    Mba Enggar kok menampilkan blog musik kan Rasulullah bersabda: “Diakhir zaman nanti akan ada ( peristiwa ) dimana orang -orang ditenggelamkan (ke dalam bumi) dilempari batu & dirubah rupanya . Beliau ditanya “Kapan hal itu terjadi wahai Rasulullah!” Beliau menjawab, “Ketika alat -alat musik & penyanyi telah merajalela.. (Sunan an Nasa’i ( II/32, Syarh as Suyuthi… Syaikh Al Bani ” Shahih”.) Sebaiknya seorang Muslim menjauhkan musik & alat- alatnya…Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada Mba , Semoga Allah memberi Hidayah kepada kita semua…

    Reply
  2. Enggar Post author

    @Achmad Bastian: Terima kasih mas atas masukannya. Tulisan ini sekedar untuk kita mengenal sejarah musik. Seperti halnya kita di sekolah belajar IPA, IPS, Seni dan Budaya, dan lain-lain.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *