Editing Buku

Seorang teman beberapa bulan lalu menawarkan saya untuk mengedit sebuah buku religi. Tawaran yang menarik sekaligus menantang. Pertama, saya belum pernah mengedit buku religi. Dari dua buku yang ia ajukan saya memilih satu buku. Buku kedua saya belum berani mengeditnya, karena topik bahasan yang kurang saya kuasai.

Sebenarnya saya sedikit khawatir juga, karena buku religi tentulah berbeda dengan buku umum. Penulisan ayat-ayat al-Qur’an tentulah harus diperhatikan secara seksama. Saya kemudian mulai membaca buku-buku religi. Membaca di sini maksudnya memperhatikan aturan yang digunakan dalam penulisan buku agama. Saya juga bertanya kepada seorang kawan editor yang kebetulan bekerja di penerbitan buku-buku islami. Walau ia sendiri lebih banyak mengedit dan menerjemahkan buku dan novel umum.

Dan, merujuk dari artikel mengenai editing, tugas editor salah satunya adalah mengedit atau menyunting sebuah buku tanpa mengubah isi buku. Maka, itulah yang saya lakukan. Saya mencoba memperbaiki kesalahan tulis, bahasa, ejaan, dan lain-lain. Saya beruntung karena ternyata mas Setiadi R. Saleh (penulis buku) yang bukunya saya edit ini jam terbang profesi kepenulisannya sudah tinggi, maka proses editing yang saya lakukan tidak begitu banyak.

Buku ini sudah terbit dalam bentuk e-book. Untuk yang berminat membeli dan membacanya, Anda dapat mengunduhnya dengan menggunakan aplikasi Qbaca. Qbaca dapat diakses melalui telepon genggam dengan OS Android, juga sudah dapat diunduh di Iphone. Berikut ini adalah tampilan buku tersebut. Oya, Anda juga boleh memberi saran dan kritikan untuk hasil penyuntingan naskah dari buku religi ini :).
Screenshot_2012-12-28-12-25-02 Screenshot_2012-12-28-12-25-23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *