Menanam Nanas

Tak pernah terlintas saya bakal bertanam nanas. Pertama, saya nggak terlalu suka nanas. Kedua, rasanya nggak mungkin aja bertanam nanas di pot. Sampai suatu saat saya melihat kawan penggiat berkebun bertanam nanas di pot. Dan, bentuk buah nanas saat ini beragam, dari yang dulu besar sekarang bentuk buahnya mungil, cantik, dan rasanya juga manis. Dan karena partner suka nanas, disertai rasa penasaran maka saya tak menolak ketika Bapak saya memberikan buah nanas untuk ditanam. Ayah saya memperoleh buah nanas ini dari pemberian saudara yang memiliki kebun buah dan sayur di pekarangan rumahnya.

Nah, ingin tau bagian mana dari buah nanas yang bisa ditanami?

1. Potong mahkota nanas, seperti gambar di bawah ini.
nanas-y
2. Tancapkan di media tanam.
nanas-x
3. Selesai 🙂

Mudah, ya? Ada juga yang menanam dengan mengambil bagian daun mahkota nanas. Tapi, saya tidak begitu paham caranya dan belum pernah mencoba.

Nah, ini tanaman nanas saya di pot. Nanas ini saya tanam dengan menerapkan cara yang telah saya tuliskan di atas, yaitu dengan mengambil bagian mahkota nanas. Sudah berbuah loh :). Ini jenis nanas madu hias, buahnya memang kecil. Mustinya sih buahnya bisa lebih besar lagi, namun karena saya menanam di pot kecil maka pertumbuhannya agak lambat.
IMG_6861

Ternyata nanas bisa ditanam di pot juga, bukan? Kalau sudah berbuah selain disatap sebagai buah juga bisa dijadikan selai untuk kemudian diolah menjadi kue nastar deh 🙂

Oya, kawan-kawan saya penggiat berkebun pernah memberikan ide yang sedikit ‘agak’ nyeleneh ;-). Begini, kata mereka, biasanya di toko-toko swalayan, di bagian buah, kalau si mas atau mbak nya sedang memotong buah nanas, coba tanya apakah kita boleh meminta mahkota nanas yang, tentu saja, bagian buah nanas itu dibuang oleh mereka di plastik besar. Ada kawan yang mempraktikkan dan boleh tuh.. hehe. Mungkin mereka malah senang ya karena nggak harus membuang sia-sia sampah dari buah nanas itu, iya, nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *