Membuat Pestisida Nabati

Pestisida nabati atau sering disingkat dengan pesnab adalah pestisida yang bahan dasarnya diperoleh dari tanaman atau tumbuhan dan bahan organik lain yang berkhasiat untuk mengendalikan serangan hama pada tanaman atau tumbuhan. Pestisida nabati tidak meninggalkan residu yang berbahaya baik pada tanaman dan lingkungan. Untuk membuat pesnab ini tidak sulit dan peralatan yang dibutuhkan pun sangat sederhana.

Di bawah ini adalah cara pembuatan pestisida nabati disertai kegunaannya yang saya peroleh dari hasil berbagi informasi dengan kawan-kawan di grup penggemar tanaman.

1. Pesnab sabun deterjen
Cara membuat: sabun deterjen dicampur dengan air. Untuk penggunaannya dapat disemprotkan langsung ke daun yang terkena kutu putih. Atau dapat dengan mengusapkan kapas ke daun yang terserang hama.
Jika serangan kutu sudah berat, penyemprotan dengan deterjen dapat dilakukan 2x seminggu sampai kutu bersih. Jika ringan cukup 1x seminggu.

2. Pesnab bawang putih
Cara membuat: bawang putih (1 biji atau 1/2 ons) diblender dengan menambahkan air kira-kira 2 1/2 lt. Saring ampasnya. Air hasil saringan disemprotkan ke daun.

3. Pesnab dengan daun sambiloto
Cara membuat:
15-20 lembar daun sambiloto atau 1 jari daun pepaya
sejumput tembakau
3/4 (0.75) lt air
campurkan semuanya dan diblender. Inapkan semalam lalu semprotkan.

Atau bisa juga blender daun sambiloto + bawang putih + setetes sunlight. Lalu saring dan campurkan dengan tembakau. Inapkan semalam sebelum disemprotkan ke tanaman.
(Untuk memperoleh tembakau dapat dengan mengumpulkan puntung rokok. Setelah agak banyak rendam tembakau sisa rokok dengan air selama minimal 1×24 jam. Setelah itu ambil secukupnya dan campur dengan air. Semprotkan ke tanaman yang terkena hama).

Untuk hama putih dan untuk serangan pada tanaman cabe atau tomat berupa daun keriting atau layu
4. Pesnab dengan minyak sayur
Cara membuat: 1 ml minyak bekas sayur dan 1 ml sabun cair cuci piring dicampur dengan 1 lt air. Kocok dan langsung bisa digunakan.

Atau
bawang putih dan tembakau diblender. Saring pakai kain lalu campur sabun cair cuci piring.

5. Pesnab untuk mengusir belalang
Cara membuat: air tembakau dicampur sabun cair cuci piring dan bawang putih. Semprot dua kali sehari.

6. Pesnab untuk mengusir hama aphid dan hama lainnya.
Cara membuat: air cucian beras diendapkan selama 2 malam. Sereh/serai 3-5 batang yang dihaluskan (bisa dicincang halus lalu diblender). Campur keduanya lalu saring. Semprotkan ke tanaman yang terkena hama.

Mudah, bukan? Ayo bertanam dengan konsep ramah lingkungan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *