Semai benih tanaman

Koleksi benih tanaman saya lumayan banyak. Beberapa dari hasil barter dan pemberian kawan, lainnya hasil beli kalau berkunjung ke tempat-tempat tanaman. Niat awal mau disemai begitu sampai rumah tetapi ternyata kesibukan dan lahan yang terbatas seringkali menjadi penghalang (ah, ini alasan aja kan? hehe). Nah, tak terasa beberapa bibit tanaman itu kadaluwarsa. Kalau sudah seperti ini solusi satu-satunya adalah menebarkan bibit di pot. Syukur alhamdulillah kalau bisa tumbuh walaupun biasanya cukup lama.

Nah, benih yang kadaluwarsa sebenarnya masih layak disemai. Kadang ada yang masih mau tumbuh kok. Ada baiknya sebelum disemai benih direndam air hangat selama 1 jam. Tujuan direndam air hangat untuk meningkatkan tingkat kelembaban kecambah.

Jadi, kalau kawan punya benih yang sudah kadaluwarsa jangan dibuang dulu ya. Coba semai dengan merendam bibitnya di air hangat terlebih dulu.

Oya, seorang kawan pernah merekomendasikan web petanirumahan ini jika ada kawan yang ingin membeli benih dengan porsi tak banyak. Cocok buat yang mau memulai berkebun. Silakan ke sini.

Atau bisa ke sini untuk yang ingin membeli benih secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *