Cincau

Tanaman cincau adalah jenis tanaman yang tumbuh merambat. Tanaman ini cukup mudah ditanam. Cincau memiliki beberapa jenis, diantaranya cincau hitam, cincau hijau dan cincau perdu. Dari hasil browsing di internet, cincau yang saya tanam di rumah termasuk ke dalam jenis cincau hijau atau tepatnya cincau hijau rambat daun hati berbulu (Duh, panjang bener namanya ya? ). Cincau hijau berbulu yang dalam bahasa latinnya Cyclea barbata ini daunnya berbentuk jantung agak bulat, berwarna hijau dan dipenuhi bulu-bulu halus. Daunnya serupa daun sirih.

Menurut beberapa literatur yang saya baca cincau hijau berbulu ini memiliki bunga dan buah. Tetapi pengalaman saya menanam cincau di Jakarta saya tidak pernah melihat tanaman cincau saya berbunga dan berbuah. Tetapi, ketika saya menanam cincau di Bandung, ternyata suatu hari saya melihat tanaman cincau saya berbunga dan berbuah. Agak ajaib juga. Saya sampai heran dan penasaran sehingga menelusuri apakah buah yang tampak itu berasal dari tanaman cincau. Dan, ternyata memang itu lah penampakan buah tanaman cincau. Hm, apa kira-kira penyebab bunga dan buah di tanaman cincau saya di Jakarta nggak muncul ya? Atau saya yang tidak pernah melihatnya? Wkwkwwk.. entahlah.

Dikutip dari google, buah cincau berupa beri yang membentuk dompolan dengan butiran lonjong. Ketika muda, buah berwarna hijau dan menjadi putih kecoklatan ketika masak. Di dalam buah ini ada biji berwarna hitam yang bisa disemai.

Konon, cincau memiliki banyak manfaat, antara lain untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi, sariawan, demam, dan lain-lain.

Selain rasanya yang segar apalagi jika dipadupadankan dengan air sirop maka cincau cocok dijadikan minuman segar di siang hari yang terik. Jadi, kenapa tidak menanam cincau dari sekarang? 🙂

Bunga cincau Daun cincau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *