Warung Seribu Kebun

Dikutip dari akun facebook 1000 Kebun, warung 1000 Kebun adalah nama komunitas yang terdiri dari kumpulan individu dan kelompok pekebun organik yang mencintai lingkungan dan gaya hidup sehat. Bertepatan dengan menjelang libur sekolah kemarin, komunitas yang pusatnya ada di Bandung ini mengadakan acara OPENING Warung Seribukebun. Ada apa aja di sana? Selain meet & greet dengan Prof. Eje Kim dari Korea membahas tentang durian organik, ada juga berbagai workshop yang diberikan secara gratis. Workshopnya sendiri juga menarik, ada keyhole garden, kreasi bunga kering, pembuatan kompos, berkebun anak-anak, dan klinik desain kebun.

Kalau saya penasaran dengan workshop pembuatan kompos. Walau selama ini saya juga telah mempraktikkan pembuatan kompos di rumah. Biasanya limbah dapur langsung saya tuang ke pot (sampah dapur nabati). Lalu saya tabur tanah di atasnya untuk menghindari lalat dan serangga yang mengerumuni. Setiap kali selesai menuang sampah dapur taburi dengan tanah di atasnya. Diamkan selama 2 minggu dan media siap ditanami.
Nah, dari workshop kemarin, ternyata setelah sampah dapur dituang bisa ditaburi dengan sekam bakar. Lakukan langkah yang sama sampai pot terisi penuh. Tambahan lainnya, setelah sampah dapur ditebar dapat juga dituang pupuk cair (mol) untuk mempercepat proses pembusukan. Baru ditutup sekam bakar dan tanah lalu diamkan selama 2 minggu. Pupuk cair ini bisa dibuat sendiri. Cara pembuatannya ada di blog ini juga.
Ah, sedikit lega, ternyata praktik pembuatan kompos saya tidak salah kok :).

Cara pembuatan kompos
(gambar dan video menyusul)

Selain workshop dijual juga berbagai produk hasil berkebun organik seperti sayur dan buah serta herbal. Ada juga tanaman-tanaman seperti tin, tanaman herbal, tanaman bunga yang selain dapat dijadikan hiasan juga daun dan bunganya bisa dikonsumsi. Nama tanamannya adalah nasturtium. Saya tergoda membeli nasturtium, rosemary dan satu lagi apa ya? Dijual juga berbagai produk makanan dan minuman serta barang-barang dari hasil berkebun seperti kalung dengan hiasan daun kering. Ada praktik bikin bunga kering juga loh tapi sayang saya nggak sempat ikutan.

Warung 1000 kebun ini ada di kota Bandung namun mereka juga melayani pembelian secara online. Untuk Anda yang tertarik dengan berkebun dan ingin hidup sehat bisa bergabung dengan komunitas mereka di sini.

Beberapa tanaman yang saya beli



Seledri



Rosemary


Nasturtium


catatan:
tanamannya difoto setelah beberapa hari ditinggal jadi tampak sedikit tak terurus. Alhamdulillah masih bisa diselamatkan, semoga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *