Bunga Telang

Beli benih bunga telang. Awalnya coba tanam tapi nggak berhasil. Sepertinya sih karena lama nggak muncul tunas jadi saya campur dengan benih lainnya dan waktu ternyata tumbuh tak sengaja saya mencabutnya karena saya kira gulma :'(. Tanam berikutnya, saya biarkan dan waktu tanaman ini tumbuh besar saya mulai yakin kalau ini bunga telang. Bunga telang yang saya miliki berwarna biru.

Bunga ini konon bisa disantap juga loh. Saya pernah melihat bunga ini ada di supermarket dikemas dalam seperangkat sayuran untuk salad. Cantik bunganya tapi mau disantap kok sayang juga ya? Hehehe.

Selain dikonsumsi sebagai makanan, bunga telang juga bisa diolah menjadi minuman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Sekilas tentang bunga telang terlebih dahulu. Bunga telang adalah tanaman merambat yang tumbuh liar. Nama ilmiah bunga ini adalah Clitoria ternatea. Bunga telang memiliki 3 warna, yaitu biru, putih, dan ungu. Tanaman ini termasuk tanaman asli dari Asia Tenggara.

Bunga telang bisa dijadikan teh. Rasa teh yang asam menyegarkan dari bunga telang ditengarai berkhasiat untuk membantu melancarkan pencernaan. Bunga telang juga dapat digunakan sebagai pewarna makanan seperti pada kue, pudding dan nasi. Kata kawan saya, nasi biru ini di Malaysia dikenal dengan nasi krabu.

Nah, iseng-iseng browsing dan ketemu cara mengolah teh bunga telang. Di satu cangkir masukkan 5 bunga telang. Tambahkan jeruk nipis, dan sereh. Kalau mau manis bisa ditambahkan daun stevia atau madu.

Belum ada penampakan teh bunga telang soalnya belum bikin…. hehe. Penampakan bunga dan tanamannya aja yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *