Bolu Jadul

Satu hal yang aku nggak percaya diri banget itu adalah urusan masak-memasak. Entah kenapa aktivitas satu ini bikin putus asa deh. Tapi, namanya kan perempuan ya tetap harus bisa masak donk. Masak aja yang sederhana, soal rasa jangan dibandingkan lah ya. Biasanya menu masakanku nggak bergeser dari sop, rawon, pindang bandeng, soto ayam. Semua bumbu racikan sendiri eh kecuali rawon :), susah itu. Nah, sejak awal pandemi covid aku terpaksa belajar masak. Pertama, karena WFH, jadi nggak makan di luar tentu. Kedua, mau beli makanan takut. Prokesnya banyak dan ribet. Lalu, berkenalanlah daku dengan aplikasi cookpad. Thanks cookpad. Ini aplikasi yang benar-benar membantu buat orang yang nggak bisa masak seperti diriku ini.

Awalnya, masak menu masakan sehari-hari. Lumayanlah lebih bisa variasi lauknya dibanding dahulu. Eh, kok lama-lama enak juga ya bisa bikin lauk macam-macam. Tapi, tetap cari yang simple donk ya :). Terus, lihat kue. Hmm, pengin sih bisa bikin kue. Antara ragu dan penasaran. Karena bikin lauk udah mulai bisa, tentunya bikin kue merupakan tantangan yang menggoda.

Lihat-lihat resep kue di cookpad, yang nggak pakai mixer dan oven. Kenapa? Ya karena nggak punya … wkwkwkw. Keterlaluan nggak sih, udah setua ini dua alat masak yang umum dipunyai keluarga malah nggak ada. Lalu, mulai mencoba. Dan, karena daku tipikalnya praktis dan suka yang alami, maka cari resepnya tentu yang alami, cepat, dan nggak ribet. Lumayan bisa bikin bubur sumsum :). Bikin bolu kukus tapi gagal :(. Lihat resep kue enak-anak tapi kok banyak yang pakai oven ya? Wkwkwk. Kemudian niatlah berburu mencari oven. Oven yang dipilih tentu aja yang cara pakainya juga mudah (nggak mau susah banget deh kalau urusan masak. Soalnya yang mudah aja persentase gagalnya gede. Entah gagal kue nya atau gagal nggak jadi bikin kue).

Alhamdulillah, akhirnya punya oven. Kembali lagi deh serius searching resep kue yang simple. Beli bahan-bahan. Hehehe, siap banget, kan? Dan, inilah kue bolu pertama yang aku bikin dan takjubnya langsung berhasil. Wow, nggak sih? ;-). Resepnya ada di cookpad. Nama resepnya tepung almond.

Bahan: telur, tepung almond, gula, almond slice. Caranya, telur dan gula dikocok. Setelah halus, tambahkan tepung almond. Kemudian adonan diaduk. Dan tuang ke dalam cetakan dan siap dimasukkan ke dalam oven.

Dan, sungguh, rasanya baru pertama kali aku merasa takjub dan merhatiin si oven untuk melihat adonan itu perlahan-lahan mengembang. Mungkin lebay tapi buat seseorang yang nggak pernah bikin kue pakai oven, ini rasanya sesuatu yang wow banget. Jadi nggak sabar, apakah rasanya sepadan dengan tampilannya? 🙂

Penasaran sama rasanya? Ternyata, enakk beneran.

Ini penampakan bolu tepung almond

Kemudian, aku mengambil kesimpulan seenaknya, bikin kue mudah ya? Dan ternyata itu salah besar. Karena kue bolu berikutnya yang aku bikin seringkali bantet dan akhirnya terbuang. Sungguh menyebalkan. Sampai akhirnya, aku tau bahwa ternyata proses mengocok telur dan gula itu ada caranya.

Jadi, karena kue yang aku bikin memang nggak pakai segala yang namanya pengembang, maka kocokan telur dan gula itu harus sampai kaku. Terus, setelah ditambahkan tepung diaduk biasa aja nggak perlu menggunakan mixer. Oya, lupa, sebelum bikin adonan oven dipanaskan dulu kurang lebih 10 menit. Setelah adonan halus, tuang ke cetakan.

Setelah berhasil bikin bolu tepung almond, aku coba ganti tepungnya pakai tepung beras. Dan kasi topping macam-macam. Kadang almond. Ada kalanya kurma, kayu manis, atau kacang, atau sering juga polos aja. Apapun toppingnya rasanya tetap enak kok. Bisa buat camilan di kala lapar mendera :).

Kalau ini tampilan bolu tepung beras

Setelah sekian kali kegagalan, bahkan sekarang pun adakalanya gagal karena iseng campur2 bahan.. hehe. Tapi, secara keseluruhan bolehlah dibilang kalau aku bisa bikin kue loh … wkwkwk 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *